konsultan pajak cv surabaya

Walaupun badan usaha non profit ternyata yayasan juga dikenai kewajiban pajak sama seperti perusahaan profit. Berikut ini beberapa informasi mengenai aturan pajak yayasan dan jenis-jenis pajak yayasan yang dikenakan tiap Tahunnya.  Buat warga Surabaya yang ingin mengurus seluruh kewajiban pajak dengan mudah dan cepat, silakan bekerjasama dengan kantor jasa konsultan pajak. Dapatkan konsultan pajak yayasan yang profesional dan terpercaya di Surabaya.

Pengertian Yayasan

Yayasan merupakan badan yang mendapatkan sumber daya dari sumbangan anggota dan para penyumbang lainnya yang tidak mengharapkan imbalan atau apapun dari yayasan tersebut. Badan usaha berbentuk yayasan merupakan salah satu subjek Pajak Penghasilan. Pada laporan keuangan suatu yayasan akan disajikan nilai Sisa Hasil Usaha yang setara dengan laba dan rugi suatu perusahaan. Berdasarkan pada peraturan Undang-Undang tentang Perpajakan dijelaskan bahwa setiap Orang Pribadi yang memenuhi syarat tertentu dan Badan yang didirikan baik berorientasi laba maupun non laba wajib membayar pajak. Badan adalah sekumpulan orang atau modal baik yang melakukan usaha (profit oriented) atau yang tidak melakukan usaha (nonprofit oriented). Yayasan sebagai badan memiliki kewajiban untuk membayar pajak walaupun pendiriannya tidak memiliki orientasi non profit oriented (NPO).

Aturan Pajak Yayasan

Berdasarkan Undang-Undang Pajak Penghasilan, yayasan dinyatakan sebagai subyek pajak. Yayasan menjadi Wajib Pajak ketika menerima penghasilan yang merupakan obyek pajak dan memenuhi kriteria sebagai pemotong pajak. Yayasan bertindak sebagai pemotong pajak PPh pasal 21 atau penghasilan seperti gaji, honorarium, upah, tunjangan yang dibayarkan kepada karyawan/peserta kegiatan/pihak lain. Selain itu yayasan bertindak pula sebagai subyek badan pemotong atas jasa yang digunakan oleh yayasan seperti PPh 23 dan atau PPh pasal 4 ayat 2.

Yayasan memiliki kewajiban untuk mendaftarkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) karena telah menjadi Subjek Pajak Badan. Adapun persyaratan yang dibutuhkan untuk mengurus NPWP Yayasan, antara lain; fotokopi akta pendirian atau dokumen pendirian, surat keterangan penunjukkan dari kantor pusat (bagi bentuk usaha tetap atau kantor perwakilan perusahaan asing), dokumen yang menunjukkan identitas diri seluruh pengurus badan, bagi WNI pakai fotokopik NPWP, bagi WNA fotokopi paspor dan kartu NPWP.

Jenis Objek Pajak Yayasan

Objek pajak yayasan terbagi dalam dua kategori yakni objek pajak penghasilan, dan bukan objek pajak penghasilan. Bentuk objek pajak penghasilan untuk yayasan seperti penghasilan yang diterima atau diperoleh dari usaha pekerjaan, kegiatan atau jasa. Selain itu, objek pajak penghasilan lainnya seperti bunga deposito/obligasi, diskonto BSI, sewa dan imbalan lain yang berhubungan dengan penggunaan harta, keuntungan dari pengalihan harta (termasuk keuntungan pengalihan harta yang semula berasal dari bantuan sumbangan atau hibah).

Adapun yang termasuk Bukan objek pajak penghasilan dari yayasan seperti bantuan, sumbangan, zakat yang diterima oleh BAZIS (Badan Amil Zakat, Infak, dan Shadaqoh). Selain itu, objek pajak berupa dividen atau bagian laba yang diterima atau diperoleh yayasan dari penyertaan modal pada badan usaha yang didirikan dan bertempat di Indonesia. Bantuan atau sumbangan dari pemerintah juga masuk dalam kategori bukan objek pajak penghasilan yayasan.

Mudah Urus Pajak Yayasan dengan Bantuan Konsultan Pajak Profesional

Konsultan pajak merupakan orang, badan, lembaga atau organisasi yang memberikan layanan jasa konsultasi perpajakan pada seluruh wajib pajak. Tujuan layanan konsultan pajak agar Wajib Pajak bisa melaksanakan hak dan kewajiban pajak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Konsultan pajak akan membantu Anda sebagai Wajib Pajak Pribadi untuk mengurus berbagai hal terkait dengan masalah pajak.

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan layanan jasa konsultan pajak profesional, antara lain;

1. Lebih Mudah dan Cepat

Dengan keahlian yang dimiliki para konsultan pajak berpengalaman, seluruh persoalan pajak yang Anda hadapi bisa diselesaikan dengan mudah dan cepat. Anda tidak perlu menyita waktu dan banyak meninggalkan pekerjaan utama untuk mengurusi segala administrasi dan proses pelaporan pajak Anda. Cukup konsultasikan kebutuhan dan segala persoalan perpajakan perusahaan dan tim konsultan akan bekerja dengan sepenuh hati.

2. Lebih Terencana

Ada banyak hal yang harus dipersiapkan dalam membuat perencanaan pajak, mulai dari melakukan pemetaan dan pengumpulan informasi secara menyeluruh terhadap segala aset, pendapatan dan segala hal yang dikenai pajak berdasarkan aturan perundang-undangan. Dengan bantuan konsultan pajak, Anda akan dibimbing dan diarahkan dalam membuat perencanaan pajak yang efektif dan efisien sesuai situasi atau kondisi Anda.

3. Lebih Aman dan Nyaman

Adanya peraturan perundang-undangan tentang perpajakan tentunya perlu dipahami seluruh wajib pajak agar tidak terjadi kesalahan dan kerugian dikemudian hari. Dengan menggunakan konsultan pajak, Anda tidak perlu pusing memahami seluruh aturan perundang-undangan tersebut karena tim konsultan pajak akan memberikan solusi pajak terbaik dan tentunya aman. Tidak hanya itu, tim konsultan pajak akan membantu Anda menghadapi proses pemeriksaan pajak dari pihak berwenang dan siap menyelesaikan persoalan sengketa pajak (jika terjadi) hingga tuntas.

Hubungi Konsultan Pajak Surabaya

Untuk menyelesaikan segala persoalan pajak yayasan, Anda bisa bekerjasama dengan jasa konsultan pajak yayasan profesional dan terpercaya di kota Surabaya. Dapatkan layanan lengkap dari tim konsultan pajak yang tergabung dalam kantorjasakonsultanpajak.com. Konsultasikan seluruh persoalan Anda terlebih dahulu melalui whatsapp, telepon ataupun berkunjung langsung ke kantor konsultan pajak Surabaya.

Anda akan mendapatkan bimbingan dan pengarahan secara langsung oleh tim konsultan ahli dan berpengalaman. Silakan konsultasikan persoalan administrasi dan pelaporan pajak Anda dengan tim konsultan terbaik kami.