konsultan pajak umkm surabaya

Anda sudah memiliki usaha sendiri tapi masih bingung dengan status usaha Anda termasuk usaha mikro, kecil atau menengah?, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang UMKM mulai dari pengertian, jenis, karakteristiknya. Untuk para pemilik UMKM atau Wajib Pajak UMKM Surabaya, Anda juga bisa berkonsultasi masalah perpajakan usaha Anda dengan Konsultan Pajak UMKM profesional dan terpercaya di Surabaya. Tidak hanya itu, jika diperlukan Konsultan Pajak akan membantu Anda menyelesaikan semua pengurusan perpajakan Anda mulai dari awal sampai tuntas.

Apa itu UMKM?

Kepanjangan UMKM yakni Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Pengertian UMKM juga telah tertuang dalam UU Nomor 20 Tahun 2008 yang artinya adalah bisnis yang dijalankan oleh individu, rumah tangga, atau badan usaha ukuran kecil. Pengklasifikasian UMKM pada umummnya dibatasi dengan penghasilan omzet per tahun, jumlah kekayaan atau aset serta jumlah karyawan yang dimiliki.

UMKM di Indonesia memiliki peranan penting dalam kemajuan perekonomian negara. Hal tersebut dikarenakan UMKM merupakan penyumbang PDB paling besar dan juga yang menyerap banyak tenaga kerja. Bisnis UMKM juga termasuk bisnis yang relatif bertahan terhadap krisis keuangan.

Jenis UMKM di Indonesia

1. Usaha Mikro (micro enterprise)

Jenis usaha ini merupakan usaha produktif yang dimiliki oleh perorangan dan/atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria sebagai usaha mikro seperti yang diatur berdasarkan perundang-undangan. Kategori usaha ini dibatasi dengan hasil penjualan atau omzet usahanya paling banyak adalah Rp. 300 juta dengan jumlah aset bisnisnya maksimal Rp. 50 juta (diluar aset tanah dan bangunan). Dalam hal laporan keuangan masih belum teradministrasi dengan baik dikarenakan keuangannya masih tercampur antara keuangan bisnis dan pribadi. Contoh dari UMKM mikro seperti pedagang asongan, pedagang kecil di pasar, salon potong rambut atau jasa potong rambut, dan sebagainya.

2. Usaha Kecil (small enterprise)

Kategori dari usaha ini dibatasi dengan jumlah kekayaan bersih antara Rp. 50 juta sampai dengan Rp. 500 juta, hasil penjualan per tahun antara Rp. 300 juta hingga Rp. 2,5 miliar. Usaha kecil ini merupakan usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri dan dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian langsung dan tidak langsung dari usaha menengah atau usaha besar yang memenuhi kriteria usaha kecil sesuai peraturan perundang-undangan. Contoh dari usaha kecil seperti usaha binatu atau laundry, restoran kecil, bengkel motor, katering, usaha fotocopy, dan sebagainya. Dalam hal laporan keuangan, jenis usaha kecil lebih profesional dibandingkan usaha mikro.

3. Usaha Menengah (medium enterprise)

Jenis usaha menengah merupakan jenis usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri. Usaha ini dilakukan oleh orang perorangan atau badah usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung mauoun tidak langsung dengan usaha kecil atau usaha besar dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan sebagaimana diatur dalam perundang-undangan.

Jumlah kekayaan bersih usaha menengah diatas Rp. 500 juta per tahun (di luar tanah dan bangunan). Hasil penjualan atau omzet yang dihasilkan lebih dari Rp. 2,5 miliar sampai dengan Rp. 50 miliar per tahun.

Contoh dari usaha menengah seperti perusahaan roti skala rumahan, restoran besar, hingga toko bangunan. Usaha ini sudah memiliki legalitas dan juga memiliki sistem akuntansi atau pengelolaan keuangan yang profesional (terpisah antara keuangan pribadi dengan usaha).

Karakteristik UMKM

UMKM diklasifikasi menjadi 4 kriteria berdasarkan perkembangannya, pertama, Livelihood Activities dimana UMKM digunakan untuk memberikan kesempatan kerja untuk mencari nafkah. Pada umumnya umkm dikenal sebagai sektor informal. Kedua, Micro Enterprise dimana UMKM memiliki sifat pengrajin, tetai tidak bersifat kewirausahaan. Ketiga, Small Dynamic Enterprise yakni UMKM yang telah memiliki jiwa kewirausahaan serta mampu menerima pekerjaan subkontrak dan ekspor. Dan keempat, Fast Moving Enterprise, dimana UMKM yang telah memiliki jiwa kewirausahaan dan akan melakukan transformasi menjadi usaha besar.

Secara statistik, UMKM dibedakan menurut sektor ekonomi seperti;

  1. Pertanian, peternakan, kehutanan, dan perikanan
  2. Keuangan, persewaan, dan jasa perusahaan
  3. Perdagangan, hotel, dan restoran
  4. Pertambangan dan penggalian
  5. Listrik, gas, dan air bersih
  6. Angkutan dan komunikasi
  7. Industri pengolahan
  8. Bangunan
  9. Jasa

Faktor Perkembangan UMKM Indonesia

Pertumbuhan dan perkembangan UMKM sangat pesat di Indonesia, hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor. Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan tersebut yakni;

1. Penggunaan Sarana Teknologi, Informasi dan Komunikasi

Pada tahun 2017, sudah ada 8 juta unit usaha mikro, kecil dan menengah yang sudah go digital. Dan angka tersebut terus bertambah hingga saat ini. UMKM yang go digital terbukti mengalami perkembangan usaha yang cukup signifikan. Tidak hanya peningkatan hasil penjualan tapi juga bertambahnya jumlah sdm dan jenis produk usaha yang dikembangkan. Para pengusaha umkm ada yang meningkatkan skill atau kemampuannya sendiri di bidang digital untuk memasarkan usahanya, namun tak jarang juga menggunakan agency digital marketing atau online marketing.

2. Adanya Kemudahan Pinjaman Modal Usaha

Salah satu hal yang mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia yakni mudahnya mendapatkan pinjaman modal dari pemerintah atau pihak swasta. Ada salah satu persyaratan untuk mendapatkan pinjaman modal usaha yakni dengan mendaftarkan diri sebagai wajib pajak secara resmi. Dengan menjadi wajib pajak serta melakukan pembayaran pajak maka semua wajib pajak akan mendapatkan hak pajaknya salah satunya adalah mendapatkan kemudahan pinjaman modal usaha. Ada keterbukaan akses pembiayaan dari perbankan dan alokasi khusus untuk UMKM.

3. Menurunnya Tarif PPH Final

Adanya kebijakan penuruan tarif PPH tentunya memiliki dampak positif bagi para pemilik bisnis usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk mempermudah menjalankan kewajiban pajak negara. Selain itu, juga memberikan kesempatan untuk mengembangkan investasi karena adanya keringanan penuruan tarif pajak bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Konsultan Pajak UMKM Surabaya

Setelah Anda mengetahui tentang pengertian umkm, jenis, dan karakteristiknya, Anda tentu sudah bisa mengidentifikasi posisi Anda tergolong karakteristik usaha mikro atau usaha kecil atau justru usaha menengah. Dengan pengidentifikasian yang tepat tentunya Anda bisa menjalankan kewajiban pajak dengan tepat pula. Namun, jika Anda masih kesulitan untuk menentukan kewajiban pajak Anda dan bagaimana mengurus perpajakan usaha Anda dengan lancar, Anda bisa menghubungi Konsultan Pajak UMKM yang profesional dan terpercaya di Indonesia.

Kriteria Konsultan Pajak yang Profesional dan Terpercaya

Bagi Anda yang sedang mencari konsultan pajak terpercaya dan profesional di Surabaya, berikut ini kriteria yang harus diperhatikan sebelum menetapkan konsultan yang tepat.

1. Konsultan Tersertifikasi

Seluruh konsultan pajak yang terlibat dalam melayani klien harus sudah tersertifikasi. Sertifikasi merupakan salah satu cara untuk menunjukkan kualitas skill atau keahlian seorang konsultan untuk memberikan pelayanan terbaiknya. Dalam proses sertifikasi ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi dan tentunya persyaratan berkaitan dengan keahlian di bidangnya. Konsultan pajak yang tersertifikasi tentunya lebih memberikan jaminan kualitas pelayanan yang memuaskan dan yang pasti lebih solutif dalam memberikan saran-saran pemecahan masalah perpajakan. Untuk itu, pastikan lembaga atau kantor konsultan pajak yang Anda pilih benar-benar menyediakan tenaga ahli atau konsultan pajak yang tersertifikasi ya.

2. Kantor Berizin Resmi

Berdasarkan aturan perpajakan, setiap konsultan pajak yang mendirikan kantor praktik pelayanan terkait masalah perpajakan harus memiliki izin yang diterbitkan oleh Direktur Jenderal Pajak atau pejabat yang ditunjuk. Hal tersebut sudah diatur berdasarkan peraturan perundang-undangan tentang perpajakan. Untuk itu, pastikan kantor yang melayani jasa konsultasi pajak Anda telah memiliki izin resmi agar tidak timbul masalah di kemudian hari.

3. Berpengalaman

Pengalaman kerja merupakan bukti bagi setiap tenaga ahli profesional ataupun instansi dalam memberikan pelayanan terbaiknya. Pilihlah konsultan pajak yang telah berpengalaman melayani banyak klien dengan berbagai persoalan pajak. Wajib pajak pada umumnya akan menghadapi masalah perpajakan mulai dari masalah administrasi perpajakan, pembayaran dan pelaporan pajak hingga menghadapi masalah sengketa pajak dengan pihak pengadilan. Anda bisa memilih kantor jasa konsultan pajak yang memberikan layanan lengkap agar memudahkan penyelesaian seluruh masalah perpajakan anda.

4. Melayani Seluruh Indonesia

Semakin profesional, jangkauan layanan jasa juga semakin luas. Hal tersebut, tidak lain karena pengalaman dan luasnya jaringan yang dimiliki konsultan pajak. Dengan adanya jaringan kerjasama yang luas akan memudahkan setiap wajib pajak mendapatkan pelayanan secara langsung dan optimal. Tak jarang konsultan pajak profesional memberikan layanan konsultasi online agar memudahkan semua kliennya yang memiliki banyak kesibukan sehingga tidak bisa mengurus secara offline.

Layanan Konsultan Pajak UMKM Surabaya

Untuk Anda yang sedang tinggal di Surabaya dan sedang mencari jasa konsultan pajak umkm profesional di Surabaya, silakan langsung hubungi kantorjasakonsultanpajak.com. Anda akan mendapatkan berbagai layanan lengkap dan tentunya sangat menyesuaikan kebutuhan serta permasalahan yang dihadapi. Berikut ini 5 layanan yang diberikan konsultan pajak Surabaya untuk Anda;

1. Konsultasi Masalah Perpajakan

Layanan utama dari tim Konsultan Pajak adalah menghadirkan solusi atas setiap persoalan Wajib Pajak dalam menghadapi masalah perpajakan. Tidak hanya menjalankan kewajiban pajaknya tapi juga mendapatkan haknya sebagai Wajib Pajak. Dengan mengambil jasa konsultasi pajak, Konsultan Pajak akan membantu mengidentifikasi masalah, memberikan saran dan masukan tentang perpajakan yang terbaik untuk mengembangkan bisnis Anda. Konsultan Pajak Surabaya akan memberikan saran terbaiknya dan tentunya tetap mengacu pada peraturan pajak yang berlaku.

2. Perencanaan Pajak

Setiap Badan Usaha yang telah berdiri dan menjalankan operasi usahanya harus memiliki perencanaan pajak yang matang agar tidak timbul persoalan di kemudian hari. Seringkali Wajib Pajak Badan mengalami kesulitan untuk membuat perencanaan pajak yang tentunya mendukung kemajuan usaha yang digeluti. Tak jarang mereka harus berurusan dengan pihak berwenang baik masalah administrasi, akuntansi ataupun lainnya. Dengan adanya Konsultan Pajak, Wajib Pajak Badan Usaha akan dibantu menyiapkan dan merencanakan semua hal yang dibutuhkan untuk menghadapi pemeriksaan pajak ataupun pelaporan pajak dari pihak berwenang.

3. Administrasi Pajak

Masalah administrasi perpajakan memang terlihat mudah, namun seringkali wajib pajak mengalami kesulitan dalam menyiapkan dan mengurusnya sendiri. Bagi Anda yang membutuhkan jasa pengurusan administrasi perpajakan, tim konsultan pajak siap membantu dengan sepenuh hati. Tim Konsultan Pajak Surabaya siap melayani pengurusan SKB, PKP, permohonan NPWP, pemindahan NPWP, pencabutan NPWP, pengajuan non efektif dan administrasi sejenisnya.

4. Akuntansi Pajak

Konsultan Pajak Surabaya juga memberikan layanan training tentang sistem akuntansi pajak atau pembukuan perpajakan khusus untuk perusahaan Anda. Tim Konsultan Pajak siap memberikan layanan training untuk perusahaan yang baru berdiri maupun yang sudah lama berdiri namun memiliki masalah dengan sistem akuntansi. Disadari bahwa sistem akuntansi yang baik akan memudahkan perusahaan untuk membuat pelaporan pajak dan menghadapai pemeriksaan pajak dari pihak berwenang. Untuk itu, baiknya tiap perusahaan memiliki akuntan yang ahli dalam menyiapkan laporan keuangan khususnya untuk kepentingan laporan perpajakan. Namun, bagi Anda yang belum memiliki akuntan sendiri, tim Konsultan Pajak Surabaya siap menjadi tenaga ahli yang membantu urusan teknis akuntansi pajak Anda.

5. Pengacara Pajak

Menghadapi masalah keberatan pajak atas putusan pengadilan pajak bukanlah perkara mudah bagi sebagian Wajib Pajak. Bahkan persoalan tersebut justru merupakan hal yang sulit dan dibutuhkan pemahaman yang luas atas peraturan perpajakan dan mekanisme pengadilan pajak dalam membuat putusan perkara. Untuk itu, layanan Pengacara Pajak atau Kuasa Hukum Pajak pun diberikan oleh Konsultan Pajak Surabaya untuk membantu Anda yang sedang mengalami masalah sengketa pajak. Layanan yang diberikan mulai dari pengajuan banding hingga putusan akhir yang menguntungkan wajib pajak.

Hubungi Kantor Jasa Konsultan Pajak Indonesia

Bagaimana?, apakah sobat Surabaya sudah mendapatkan Konsultan Pajak UMKM terbaik untuk mendukung pengembangan usaha yang ditekuni?

Segera identifikasi dan pahami persoalan perpajakan Anda. Konsultasikan pada ahlinya dan dapatkan solusi yang terbaik untuk mengatasi masalah pajak Anda. Buatlah rencana pajak Anda secara rapi dan terukur. Pastikan Anda telah mempertimbangkan aspek efektifitas dan efisiensinya dalam setiap perencanaan yang dibuat. Perhatikan setiap aturan perpajakan yang berlaku agar tidak timbul persoalan di kemudian hari.Implementasikan seluruh rencana perpajakan Anda dan kembangkan usaha Anda agar bisa lebih maju dan maju terus. Dengan menjadi Wajib Pajak yang taat pajak akan memberi peluang pengembangan usaha yang lebih besar. Tim Konsultan Pajak siap mendampingi dan mendukung kemajuan bisnis Anda.

Segera konsultasikan masalah perpajakan Anda (consulting), kemudian buatlah perencanaan pajak dengan matang (planning) dan kembangkan usaha anda agar terus maju dan maju (growthing). Salam sukses untuk Anda.