konsultan pajak cv surabaya
Konsultan Pajak CV Surabaya – KantorJasaKonsultanPajak.Com

CV atau Persekutuan Komanditer merupakan salah satu subyek pajak berdasarkan pada Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Dengan status tersebut, sebagai wajib pajak maka seluruh pemilik CV harus menjalankan kewajiban pajaknya dan mendapatkan hak pajaknya. Untuk mengurus seluruh kewajiban pajak CV bagi sebagian orang tidaklah mudah disebabkan oleh informasi yang kurang, untuk itu mereka justru menggunakan jasa konsultan pajak profesional dan terpercaya. Bagi Anda yang ingin mengurus pajak CV di wilayah Surabaya dan sekitarnya dengan mudah, Anda bisa bekerjasama dengan Konsultan Pajak CV profesional di Surabaya. Berikut ini beberapa informasi terkait CV dan konsultan pajak CV untuk Anda.

Apa itu CV (Commanditer Vennootschap)?

CV atau singkatan dari Commanditer Vennootschap (Persekutuan Komanditer) adalah badan usaha yang berbentuk persekutuan antara dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama dalam usaha atau wiraswasta. Dalam persekutuan tersebut, masing-masing anggota memiliki peran yang berbeda satu sama lain yang dikenal dengan sekutu aktif dan sekutu pasif. Dalam kegiatan usaha CV memiliki keterbatasan yaitu pada bidang Pembangunan (Kontraktor) sampai dengan Grade 4, Perindustrian, Perbengkelan, Perdagangan, Pertanian, Percetakan, dan Jasa. Untuk nama perusahaan, CV tidak memiliki aturan khusus seperti Perseroan Terbatas (PT) sehingga sangat dimungkinkan antar CV memiliki kesamaan nama namun beda bidang usaha.

Berdasarkan UU Nomor 36 Tahun 2008 tentang Pajak Penghasilan, CV atau Persekutuan Komanditer merupakan subyek pajak dalam negeri yang berbentuk badan. Badan didefinisikan sebagai sekumpulan orang dan atau kesatuan baik yang melakukan usaha maupun tidak melakukan usaha, meliputi Perseroan Terbatas (PT), Perseroan Komanditer (CV), dan Perseroan lainnya, BUMN/BUMD , Firma, Koperasi, Dana Pensiun, Persekutuan, Perkumpulan, Yayasan, Organisasi Massa, Organisai Sosial Politik, atau organisasi lainnya, lembaga, dan bentuk badan lainnya termasuk kontrak investasi kolektif dan bentuk usaha tetap.

Tujuan CV dan Ciri-cirinya

CV didirikan memiliki tujuan agar pendiri atau persekutuan bisa melakukan kegiatan usaha yang sama seperti bentuk perseroan lainnya yang bersifat umum atau khusus sesuai dengan tujuan/keinginan para pendiri. Tujuan pemilik usaha mendirikan CV tidak lain juga untuk memiliki badan usaha yang resmi atau legal sehingga memiliki kemudahan untuk mengembangkan usaha mereka.

Berdasarkan pengertiannya diketahui bahwa CV berbentuk persekutuan yang dikenal dengan sekutu aktif dan sekutu pasif. Berdasarkan kedua jenis tersebut, ada peran dan tugas masing-masing yakni;

  1. Sekutu aktif adalah pihak yang harus menjalankan operasional dari perusahaan dan memiliki hak untuk menjalankan perjanjian dengan pihak ketiga. Jenis sekutu aktif ini sering disebut sebagai persero kuasa.
  2. Sekutu pasif adalah pihak yang hanya menyetorkan modal dalam sebuah Persekutuan Komanditer. Jika CV mengalami kerugian atau sebaliknya mendapatkan keuntungan maka sekutu pasif ini akan terlibat namun sebatas dana yang mereka setorkan.

Jenis Pajak CV

Ada beberapa jenis pajak yang dikenakan pada CV sejak didirikan hingga dibubarkan, antara lain;

1. PPh Pasal 21

Dalam pasal ini menjelaskan bahwa CV wajib melakukan pemotongan pajak secara langsung yang dikenakan atas penghasilan karyawan. Adapun jenis penghasilan karyawan yang dimaksud adalah gaji, upah, honorarium, tunjangan dan pembayaran lainnya atas pekerjaan, jasa atau kegiatan lain dengan nama dan dalam bentuk apapun yang diterima atau diperoleh wajib pajak atau karyawa

2. PPh Pasal 25

Dalam pasal ini dijelaskan bahwa wajib pajak harus membayarkan angsuran pajak yang berasal dari jumlah pajak penghasilan terutang menurut SPT (Surat Pemberitahuan) Tahunan PPh yang dikurangi dengan PPh dipotong, serta PPh yang dibayar atau terhutang di luar negeri yang boleh dikreditkan. PPh ini dibuat untuk meringankan beban wajib pajak. Pembayaran pajak ini harus dilunasi dalam waktu satu tahun dan pembayarannya tidak dapat diwakilkan oleh siapapun.

3. PPh 28/29

Pemotongan biaya pajak ini dikenakan pada CV yang memperoleh penghasilan dari luar negeri dan telah dipotong pajak di negeri tersebut. Dalam pasal ini, PPh dapat dijadikan sebagai kredit pajak sesuai dengan mekanisme pengkreditan pajak pasal 24 Undang-undang 36/2008 PPh.

4. PPN

Semua CV atau Persekutuan Komanditer yang telah ditetapkan sebagai PKP (Pengusaha Kena Pajak) diharuskan menerbitkan faktur pajak dan memungut PPN sebesar 10% dari harga jual barang/jasa/nilai penggantian, apabila CV melakukan penyerahan terutang PPN.

5. PPh Pasal 4 ayat (2)

CV diharuskan menyetorkan atau memotong PPh Pasal 4 ayat (2). Jenis pajak ini bersifat final apabila Persekutuan Komanditer telah melakukan transaksi pengalihan harta berupa tanah dan/atau bangunan, termasuk persewaan.

Konsultan Pajak CV Profesional dan Resmi

Setelah Anda mengetahui tentang pengertian CV, tujuan CV, dan jenis pajak CV, Anda tentu telah mendapatkan informasi yang cukup untuk menjalankan kewajiban sebagai subyek pajak. Dengan pengidentifikasian yang tepat tentunya Anda bisa menjalankan kewajiban pajak dengan tepat pula. Namun, jika Anda masih kesulitan untuk menentukan kewajiban pajak Anda dan bagaimana mengurus perpajakan CV Anda dengan lancar, Anda bisa menghubungi Konsultan Pajak CV yang profesional dan terpercaya di Indonesia.

Ada banyak layanan yang bisa Anda ambil dari kantor jasa konsultan pajak yang resmi dan profesional untuk menyelesaikan seluruh persoalan perpajakan Anda. Pastikan Anda menghubungi konsultan resmi yang telah disahkan atau mendapatkan sertifikasi langsung dari Dirjen Pajak. Buat Anda warga Surabaya, berikut ini kriteria konsultan pajak profesional dan resmi serta tepat untuk menyelesaikan seluruh masalah perpajakan Anda.

Kriteria Konsultan Pajak Profesional

Bagi Anda yang sedang mencari konsultan pajak terpercaya dan profesional di Surabaya, berikut ini kriteria yang harus diperhatikan sebelum menetapkan konsultan yang tepat.

1. Konsultan Tersertifikasi

Seluruh konsultan pajak yang terlibat dalam melayani klien harus sudah tersertifikasi. Sertifikasi merupakan salah satu cara untuk menunjukkan kualitas skill atau keahlian seorang konsultan untuk memberikan pelayanan terbaiknya. Dalam proses sertifikasi ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi dan tentunya persyaratan berkaitan dengan keahlian di bidangnya. Konsultan pajak yang tersertifikasi tentunya lebih memberikan jaminan kualitas pelayanan yang memuaskan dan yang pasti lebih solutif dalam memberikan saran-saran pemecahan masalah perpajakan. Untuk itu, pastikan lembaga atau kantor konsultan pajak yang Anda pilih benar-benar menyediakan tenaga ahli atau konsultan pajak yang tersertifikasi ya.

2. Kantor Berizin Resmi

Berdasarkan aturan perpajakan, setiap konsultan pajak yang mendirikan kantor praktik pelayanan terkait masalah perpajakan harus memiliki izin yang diterbitkan oleh Direktur Jenderal Pajak atau pejabat yang ditunjuk. Hal tersebut sudah diatur berdasarkan peraturan perundang-undangan tentang perpajakan. Untuk itu, pastikan kantor yang melayani jasa konsultasi pajak Anda telah memiliki izin resmi agar tidak timbul masalah di kemudian hari

3. Berpengalaman

Pengalaman kerja merupakan bukti bagi setiap tenaga ahli profesional ataupun instansi dalam memberikan pelayanan terbaiknya. Pilihlah konsultan pajak yang telah berpengalaman melayani banyak klien dengan berbagai persoalan pajak. Wajib pajak pada umumnya akan menghadapi masalah perpajakan mulai dari masalah administrasi perpajakan, pembayaran dan pelaporan pajak hingga menghadapi masalah sengketa pajak dengan pihak pengadilan. Anda bisa memilih kantor jasa konsultan pajak yang memberikan layanan lengkap agar memudahkan penyelesaian seluruh masalah perpajakan anda.

4. Melayani Seluruh Indonesia

Semakin profesional, jangkauan layanan jasa juga semakin luas. Hal tersebut, tidak lain karena pengalaman dan luasnya jaringan yang dimiliki konsultan pajak. Dengan adanya jaringan kerjasama yang luas akan memudahkan setiap wajib pajak mendapatkan pelayanan secara langsung dan optimal. Tak jarang konsultan pajak profesional memberikan layanan konsultasi online agar memudahkan semua kliennya yang memiliki banyak kesibukan sehingga tidak bisa mengurus secara offline.

Layanan Konsultan Pajak Persekutuan Komanditer (CV)

Untuk Anda yang sedang mencari jasa konsultan pajak CV yang profesional di Surabaya, silakan langsung hubungi kantorjasakonsultanpajak.com. Anda akan mendapatkan informasi dan berbagai layanan lengkap. Tentunya sangat menyesuaikan kebutuhan serta permasalahan yang dihadapi. Berikut ini 5 layanan yang diberikan konsultan pajak Surabaya untuk Anda;

1. Jasa Konsultasi Pajak

Layanan utama dari tim Konsultan Pajak adalah menghadirkan solusi atas setiap persoalan Wajib Pajak dalam menghadapi masalah perpajakan. Tidak hanya menjalankan kewajiban pajaknya tapi juga mendapatkan haknya sebagai Wajib Pajak. Dengan mengambil jasa konsultasi pajak, Konsultan Pajak akan membantu mengidentifikasi masalah, memberikan saran dan masukan tentang perpajakan yang terbaik untuk mengembangkan bisnis Anda. Konsultan Pajak Surabaya akan memberikan saran terbaiknya dan tentunya tetap mengacu pada peraturan pajak yang berlaku.

2. Jasa Perencanaan Pajak

Setiap Badan Usaha yang telah berdiri dan menjalankan operasi usahanya harus memiliki perencanaan pajak yang matang agar tidak timbul persoalan di kemudian hari. Seringkali Wajib Pajak Badan mengalami kesulitan untuk membuat perencanaan pajak yang tentunya mendukung kemajuan usaha yang digeluti. Tak jarang mereka harus berurusan dengan pihak berwenang baik masalah administrasi, akuntansi ataupun lainnya. Dengan adanya Konsultan Pajak, Wajib Pajak Badan Usaha akan dibantu menyiapkan dan merencanakan semua hal yang dibutuhkan untuk menghadapi pemeriksaan pajak ataupun pelaporan pajak dari pihak berwenang.

3. Jasa Administrasi Pajak

Masalah administrasi perpajakan memang terlihat mudah, namun seringkali wajib pajak mengalami kesulitan dalam menyiapkan dan mengurusnya sendiri. Bagi Anda yang membutuhkan jasa pengurusan administrasi perpajakan, tim konsultan pajak siap membantu dengan sepenuh hati. Tim Konsultan Pajak Surabaya siap melayani pengurusan SKB, PKP, permohonan NPWP, pemindahan NPWP, pencabutan NPWP, pengajuan non efektif dan administrasi sejenisnya.

4. Jasa Akuntansi Pajak

Konsultan Pajak Surabaya juga memberikan layanan training tentang sistem akuntansi pajak atau pembukuan perpajakan khusus untuk perusahaan Anda. Tim Konsultan Pajak siap memberikan layanan training untuk perusahaan yang baru berdiri maupun yang sudah lama berdiri namun memiliki masalah dengan sistem akuntansi. Disadari bahwa sistem akuntansi yang baik akan memudahkan perusahaan untuk membuat pelaporan pajak dan menghadapai pemeriksaan pajak dari pihak berwenang. Untuk itu, baiknya tiap perusahaan memiliki akuntan yang ahli dalam menyiapkan laporan keuangan khususnya untuk kepentingan laporan perpajakan. Namun, bagi Anda yang belum memiliki akuntan sendiri, tim Konsultan Pajak Surabaya siap menjadi tenaga ahli yang membantu urusan teknis akuntansi pajak Anda.

5. Jasa Pengacara Pajak (Advokat Pajak)

Menghadapi masalah keberatan pajak atas putusan pengadilan pajak bukanlah perkara mudah bagi sebagian Wajib Pajak. Bahkan persoalan tersebut justru merupakan hal yang sulit dan dibutuhkan pemahaman yang luas atas peraturan perpajakan dan mekanisme pengadilan pajak dalam membuat putusan perkara. Untuk itu, layanan Pengacara Pajak atau Kuasa Hukum Pajak pun diberikan oleh Konsultan Pajak Surabaya untuk membantu Anda yang sedang mengalami masalah sengketa pajak. Layanan yang diberikan mulai dari pengajuan banding hingga putusan akhir yang menguntungkan wajib pajak.

Hubungi Kantor Jasa Konsultan Pajak Resmi di Surabaya

Bagaimana?, apakah sobat Surabaya sudah mendapatkan Konsultan Pajak CV terbaik dan terpercaya untuk mendukung pengembangan CV Anda?

Segera identifikasi dan pahami persoalan perpajakan Anda. Konsultasikan pada ahlinya dan dapatkan solusi yang terbaik untuk mengatasi masalah pajak Anda. Buatlah rencana pajak Anda secara rapi dan terukur. Pastikan Anda telah mempertimbangkan aspek efektifitas dan efisiensinya dalam setiap perencanaan yang dibuat. Perhatikan setiap aturan perpajakan yang berlaku agar tidak timbul persoalan di kemudian hari. Implementasikan seluruh rencana perpajakan Anda dan kembangkan usaha Anda agar bisa lebih maju dan maju terus. Dengan menjadi Wajib Pajak yang taat pajak akan memberi peluang pengembangan usaha yang lebih besar. Tim Konsultan Pajak CV Surabaya siap mendampingi dan mendukung kemajuan bisnis Anda.

Segera konsultasikan masalah perpajakan Anda (consulting), kemudian buatlah perencanaan pajak dengan matang (planning) dan kembangkan usaha anda agar terus maju dan maju (growthing). Salam sukses untuk Anda.